Apakah makanan yang Anda santap membuat Anda makin Tua?

Makanan dapat membuat Anda makin tua atau dapat membantu Anda tetap awet muda. Sesehat apakah makanan yang Anda santap?

Apakah Anda mau menyantap sesuatu yang lebih radikal untuk makan siang Anda ?

Dalam media sering disebutkan mengenai "Radikal Bebas" (kelompok atom bebas yang berfungsi sebagai atom tunggal dalam perubahan kimia atau proses kimia) dan bagaimana mereka secara konstan menyerang tubuh, mengakibatkan potensi kerusakan yang serius.

Radikal bebas adalah sebutan untuk molekul yang memiliki elektron tunggal.
Radikal bebas adalah normal yang dihasilkan karena metabolisme dan kita tidak bisa tetap hidup tanpanya.



Hasil Penelitian Harry Winarsi (Thesis DOKTOR IPB)


Isoflavon Kedelai Pada Periode Premenopausal

ShapeWorks dibuat oleh Dr. David Heber yang selama 22 tahun terakhir meneliti tentang kelebihan isoflavon kedele dalam mencegah dan menangani obesitas (kegemukan) dan kanker. Penelitian-penelitian beliau secara rutin diliput di Discovery Channel. Tulisan-tulisan berikut, disarikan dari Harry Winarsi, yang dibawakan oleh Dr. Chairul Ichsan (dokter spesialis anastesi di sebuah RS Swasta di Medan), saat mengisi pelatihan nutrisi bagi para Dokter Herbalife di JHCC Senayan - Februari 2006.



Toksin atau racun dalam tubuh adalah zat kimia yang berbahaya yang berasal dari makanan yang tidak sehat, rokok, obat-obatan kimia, polusi dan penyebab yang lain. Apabila racun tersebut terakumulasi dan tidak bisa dikeluarkan, maka akan timbul berbagai penyakit dan mengakibatkan kerusakan jaringan dan organ dalam tubuh.

Mengapa Perlu Detoks?

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dalam tubuh. Secara alamiah tubuh kita mempunyai organ untuk detoksifikasi yakni ginjal, hati dan kolon (usus). Apabila racun dalam tubuh sudah melampaui batas dan terakumulasi, fungsi ginjal, hati dan usus akan terganggu dan tidak bisa mengeluarkan semua racun sehingga mengakibatkan berbagai kerusakan dan penyakit. Begitu racun berhasil dilepaskan, tubuh akan mempunyai kesempatan untuk sehat kembali. Tubuh yang bersih dari racun biasanya mempunyai kulit yang sehat sebagai tandanya.



Pertanyaan: Saya tahu kalau saya perlu menurunkan berat badan, tapi berapa banyak yang saya harus turunkan?
Jawaban:
Tidak ada jawaban yang pasti mengenai berapa seharusnya berat badan yang ideal untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Tapi, para wanita perlu lebih memperhatikan berat badannya karena kelebihan berat badan dapat, dan memang mempengaruhi kesehatan. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan kematian dini dan mengakibatkan banyak masalah seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, kanker, masalah pernafasan, arthritis, dan masalah kehamilan dan proses melahirkan.



Berulang kali Anda berniat menurunkan bobot. Tapi berkali-kali pula gagal gara-gara lapar mata. Coba deh,... buat daftar alasan mengapa Anda harus menurunkan berat badan. Tulis alasan-alasan itu di secarik kertas, lalu tempelkan di beberapa tempat yang gampang terlihat, seperti lemari pakaian, cermin, dan kulkas. Daftar2 ini sangat berguna sebagai "alarm" pengingat kalo misalnya Anda membuka kulkas gara-gara lapar mata. Menempelkan foto 'before' Anda juga sangat powerful lho...



Gemuk itu sehat? Bisa ya, bisa tidak. Benar jika gemuk dianggap sebagai tercukupinya kebutuhan gizi dibanding dengan seseorang yang kurus kering. Tapi pendapat ini bisa jadi salah bila gemuk menjadi berlebihan, hingga menjadi kegemukan atau lazim pula disebut obesitas. Kenapa? Karena orang yang mengidap obesitas biasanya mengalami peningkatan resiko terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Inilah beberapa diantaranya yang paling sering menjadi ancaman.



Banyak jalan untuk melangsingkan badan. Misalnya, dengan obat atau jamu pelangsing, teknik sedot lemak, atau gelang silikon. Padahal ada cara yang lebih sehat, mudah, dan murah, yakni dengan berolahraga dan diet rendah karbohidrat. Hati-hati, kegemukan bisa gara-gara virus!


   Cindy Crawford, “Loncat
   tali menolong saya.”
Naiknya bobot badan sering kali bukan fakta yang menggembirakan. Apalagi bagi mereka yang selalu mengutamakan penampilan menarik. Cindy Crawford, misalnya. Wanita model kaliber dunia yang pernah membintangi iklan produk pizza terkenal ini menyatakan, untuk mempertahankan bobot badan ideal agar tetap tampak semampai ia rajin melakukan olahraga loncat tali.

“Olahraga ini mudah dan membantu mempertahankan bobot badan saya,” ujarnya. Sedangkan Brook Shields, aktris film cantik AS, istri bintang tenis Andre Agassi, berhasil menurunkan bobot badan sampai 7 kg berkat pantang masuk restoran selama beberapa bulan. Bintang film kawakan asal Italia, Sophia Loren, di usia senjanya pun tetap memperhatikan kelangsingan tubuhnya. “Saya mengurangi makan pasta yang selalu dianjurkan para ibu Italia,” ujarnya. “Makan pagi saya ganti dengan buah-buahan. Makan siang dan malam tetap pasta tapi dengan porsi kecil.”



Ibarat menu makanan di restoran, semuanya ada. Begitulah diet untuk menurunkan berat badan. Beragam jenis diet ditawarkan, tapi yang mana yang pas dan benar untuk tubuh, harus dipertimbangkan. Dengan diet yang benar, berat badan jadi seimbang, tubuh pun sehat.

Perempuan sering salah kaprah mengartikan diet. Banyak yang beranggapan, cara ampuh untuk menurunkan berat badan adalah lewat diet yang diartikan sebagai "puasa" atau mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Asumsinya, dengan mengurangi jumlah asupan makanan sebanyak mungkin, akan mempercepat penurunan berat badan menuju berat yang diinginkan.

Dr. Luciana B. Sutanto, MS, Sp.GK menjelaskan, pengertian diet tidaklah sesederhana itu. "Diet sebenarnya mempunyai arti kombinasi makanan dan minuman di dalam hidangan makan yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi, mengatur makan dengan pola yang sehat," papar spesialis gizi klinik dari RS Mitra Keluarga Kemayoran Jakarta.



Anda bertubuh kurus atau langsing dan merasa aman dari penyakit 'berat' seperti yang kerap menyambangi mereka yang bertubuh subur? Jangan senang dulu. Kurus belum tentu sehat lho.


Sejumlah dokter sekarang mulai memperhatikan bahwa lemak internal yang mengelilingi organ vital seperti jantung, hati dan pankreas, yang tidak terlihat dengan mata telanjang, bisa menjadi sumber bahaya seperti halnya lemak eksternal yang bisa dilihat kasat mata 'menggumpal' di bawah permukaan kulit.

“Hal ini tidak berarti secara otomatis Anda tidak gemuk," ujar Dr. Jimmy Bell, seorang guru besar penginderaan molekuler di Imperial College, London. Sejak 1994, Bell dan timnya telah melakukan pemindaian hampir 800 orang dengan mesin MRI untuk menentukan 'peta lemak' yang menunjukkan di mana orang menimbun lemaknya.

Menurut data tersebut orang yang menjaga berat badannya melalui diet daripada olah raga tampaknya memiliki simpanan lemak internal lebih besar, bahkan meski penampakan luarnya terlihat langsing.
“Konsep keseluruhan soal kegemukan harus didefinisikan ulang," ujar Bell, yang penelitiannya didanai oleh Medical Research Council Inggris.Tanpa sinyal peringatan jelas, para dokter mencemaskan bahwa orang kurus salah persepsi dirinya sehat saja karena merasa tiak gemuk atau kelebihan berat badan. Mereka merasa sehat, padahal sebenarnya tidak.



Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda, ternyata banyak manfaat yang direguk dari air putih, selain nikmatnya kesegaran.

Banyak orang yang tidak mengetahui khasiat air selain untuk menghilangkan dahaga saja. Air dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan cara yang mudah dan murah. berikut 10 manfaat air putih yang mungkin dapat kita jadikan acuan saat akan mengkonsumsi minuman di luar dari air putih.



Herbal Concentrate Tea

Sekarang Anda punya lebih banyak alasan untuk 'ngeteh' sebelum berangkat kerja atau pas kumpul keluarga di sore hari. Banyak ragam teh, ada yang teh hitam, oolong dan teh hijau.

ShapeWorks mempunyai sebuah produk teh hijau yang telah dipatenkan sejak tahun 1980 dan sangat digemari di 67 negara.

Dari berbagai jenis, teh hijau banyak disarankan untuk dikonsumsi karena manfaatnya berlipat.Tak hanya sebagai antioksidan kuat, memerangi penyakit jantung atau mencegah peradangan, namun teh hijau punya 'seabrek' manfaat lain yang sebaiknya tidak Anda abaikan.