Ternyata ibu kita memang tahu yang terbaik, sewaktu ibu bangun pagi hari untuk menyediakan sarapan pagi buat anak-anaknya, ternyata memang sarapan pagi itu penting sekali buat pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya.


Mengapa sarapan pagi penting?———-
Coba anda ingat jam berapa terakhir anda makan malam?, biasanya orang akan menikmati makan malamnya sekitar jam 7 atau 8 malam, bayangkan berapa lama waktu mulai dari makan malam terakhir sampai anda terbangun diwaktu pagi, —sekitar 12 jam yang lalu , itu sebabnya mengapa anda butuh sarapan pagi karena kadar gula darah sudah menurun dan rendah.


Dari penelitian, pada saat bangun tidur kadar gula darah kita akan menurun dan rendah. Padahal gula darah bagi tubuh kita bertugas sebagai sumber energi atau tenaga.

Bila kadar gula darah rendah dalam darah akan menimbulkan gejala hipoglikemia, seperti mengantuk, cepat lelah, konsentrasi menurun, rasa capai dan otomatis daya kerja anda juga menurun. Berat ringannya gejala hipoglikemia tergantung dari seberapa rendah kadar gula darah dalam tubuh kita.

Apalagi pada anak-anak yang masih sangat memerlukan sumber energi yang cukup untuk proses tumbuh kembangnya. Memberikan sarapan pagi pada anak-anak adalah rutinitas terbaik bukan saja untuk memenuhi kebutuhan energi tapi juga asupan zat gizi lainnya yang memang diperlukan anak-anak dalam proses perkembangannya.

Dari suatu penelitian anak-anak sekolah yang mempunyai kebiasaan sarapan pagi mempunyai daya tangkap dan kreatifitas yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak sarapan pagi.

Bahkan dalam hasil penelitian Welsh bahwa orang yang mempunyai kebiasaan tidak sarapan pagi maka akan lebih mudah terkena flu. Dan New York Universitas menemukan bahwa orang yang mempunyai kebiasaan makan sarapan pagi secara umum akan lebih sehat.

Jadi, sarapan pagi itu memang penting, karena dapat mempengaruhi aktivitas dan juga mempengaruhi asupan gizi bagi anak-anak. Oleh karenannya ingatlah untuk memakan sarapan pagi anda, tentu saja dengan jumlah secukupnya tidak berlebihan.

Jadikanlah sarapan pagi menjadi suatu kebiasaan bagi anak-anak anda juga seluruh keluarga.

Berusahalah untuk menyediakan sarapan pagi anda dengan lengkap dan tidak asal-asalan. Dengan dasar pada pola gizi yang seimbang, yaitu berusaha mengikuti pola 4 sehat 5 sempurna sehingga akan memberikan asupan gizi seimbang bagi anak-anak kita dan juga seluruh keluarga.

Ibu memang tahu yang terbaik buat anak-anaknya!

Semoga informasi ini dapat membantu anda untuk memberikan rutinitas sarapan pagi bagi keluarga sehingga membentuk keluarga yang sehat dan bahagia.



0 comments: