Apa itu Mikronutrisi?
Mikronutisi adalah partikel partikel minuscule yang terdiri dari zat-zat penting untuk kehidupan. Tubuh kita tergantung pada elemen-elemen kecil ini dalam menjalankan kegiatan selama 24 jam yang penuh mukjizat dan kompleks ini. Tanpa mereka, kita akan punah.


Apa fungsi Mikronutrisi?

Mikronutrisi melepaskan energi yang didapat dari makronutrisi: karbohidrat, lemak, air dan oksigen.

Dari mana asal Mikronutrisi?

Vitamin didapatkan dari senyawa-senyawa organik. Vitamin dilepaskan di dalam tubuh oleh enzim dan merupakan senyawa yang sangat penting untuk semua proses yeng terjadi di dalam tubuh. Vitamin tidak bisa berfungsi tanpa kehadiran mineral, sedangkan tubuh tidak bisa memproduksi mineral, walaupun tubuh bisa mensintesa beberapa jenis vitamin. Mineral diserap dari tanah melalui tumbuhan. Kita mendapatkan mineral dengan cara langsung dari tumbuhan atau melalui hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Mineral juga sangat penting dalam proses yang terjadi di dalam tubuh.


Berkurangnya makanan yang dikonsumsi

Anda mungkin mengalami ketidak-cukupan. Terdapat banyak alasan yang tidak bisa dipungkiri mengapa kita harus menambah makanan yang kita konsumsi dengan makanan tambahan yang berupa mikronutrisi:

  • Mineral-mineral essensial hilang dari makanan karena proses pengolahan/memasak yang terlalu lama dan metode dalam bidang pertanian yang berkembang begitu cepat.
  • Timah, alumunium, cadmium, bahan makanan tambahan, dan ribuan jenis bahan kimia terkonsumsi setiap hari. Mereka adalah senyawa-senyawa yang merampok nutrisi.
  • Hujan asam, dan lahan pertanian yang diolah secara berlebihan akan menghasilkan panenan yang buruk.
  • Obat antibiotik yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu keseimbangan tubuh karena bisa membunuh segala macam bakteri baik yang bersifat menguntungkan maupun bakteri yang bersifat merugikan.
Cara hidup kita dapat merusak cadangan kita yang sangat berharga
Semua di atas merupakan fakto-faktor eksternal yang jelas sangat mempengaruhi tingkat mikronutrisi kita. Faktor-faktor lain, misalnya: pola makan yang buruk, stress, alkohol dan merokok, cara-cara memasak dan penyimpanan makanan, yang selanjutnya semakin menurunkan kemampuan tubuh ita untuk mempertahankan terpenuhinya nutrisi essensial bagi tubuh kita secara memadai.




Mengapa kita perlu suplemen?

Banyak dari kita terlalu sibuk bekerja, sehingga tidak sempat memantau nilai nutrisiyang kita makan setiap hari. Untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang kita konsumsi dan mengatasi senyawa-senyawa yang merusak nutrisi tersebut, kita perlu mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat besar! Oleh sebab itu, mengkonsumsi makanan suplemen yang mengandung multivitamin dan mineral merupakan cara yang aman untuk menjaga kesehatan kita yang sangat berharga dan menghindarkan dari segala bentuk penyakit.

Bantulah tubuh Anda sendiri untuk mendapatkan kesehatan yang baik.

Variasi adalah bumbu hidup! Menyantap makanan yang bervariasi dapat membantu terpenuhinya kebutuhan tubuh Anda akan berbagai jenis nutrisi. Ingat penampilan Anda adalah cerminan Anda dari apa yang diserap oleh tubuh Anda! Jika tubuh Anda menyerap sampah, maka tubuh Anda akan menghadapi situasi yang amat berat!
Oleh karena itu, seraplah nutrisi-nutrisi yang baik dan bantulah tubuh Anda sendiri dengan cara:

  • Makanlah sayuran 5 kali dan buah-buahan 3 kali setiap hari lebih baik yang segar dan mentah! (proses memasak bisa menghilangkan nutrisi-nutrisi dan enzim-enzim yang penting)
  • Buatlah variasi protein yang Anda santap: ayam, polong-polongan, ikan, keju, telur, daging merah, atau kacang-kacangan

Mikronutrisi yang penting

  • Vitamin : A, beta-carotene, B-kompleks, C, D, E, asam folik, asam pantotenik, biotin.
  • Mineral Trace : tembaga, besi, timah, selenium, kromium, mangan, florin, iodin, cobalt, boron, molibdenum, silika, vanadium.
  • Mineral Utama : kalsium, magnesium, sodium, potasium, fosfor, klorin, sulfur.

Oleh : Heather Livingston M.Sc. Vice President, Nutrition Training Scientific Advisory Board



0 comments: