Susu adalah sumber makanan paling bergizi dari segala jenis makanan dan suatu minuman kesukaan bagi setiap orang di seluruh dunia. Susu hampir memiliki seluruh zat-zat nutrisi yang dibutuhkan orang untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan yang baik. Dengan kata lain, susu memiliki semua zat-zat nutrisi dalam jumlah yang besar dan dalam porsi yang sedemikian rupa sehingga dapat saling bekerja sebagai satu team untuk membantu menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat.
Semua jenis mamalia betina memproduksi susu untuk memberi makan anak mereka. Tetapi pada saat kita berpikir tentang susu, yang dimaksud adalah susu sapi. Hampir diseluruh dunia orang menggunakan susu sapi, namun dibeberapa tempat di Eropa, Amerika Latin, Afrika, dan Asia susu kambing sangat populer. Susu onta memenuhi kebutuhan akan susu di padang pasir Arabia, Asia Tengah, dan Afrika Utara. Di Amerika Selatan orang minum susu Ilama. Di wilayah kutub utara orang memperoleh susu dari rusa kutub. Susu domba dikonsumsi di Yunani, Iran, dan Turki. Susu kerbau memenuhi kebutuhan akan susu di Mesir, India, Pakistan, dan negara-negara di Asia Tenggara.


Mentega, keju, ice cream, yogurt, dan beberapa jenis makanan lainnya terbuat dari susu. Susu atau salah satu produk dari susu juga menjadi bahan bagi beberapa makanan seperti kue, casserole, puding, dan kuah. Susu juga digunakan dalam pembuatan beberapa produk selain makanan. Sebagai misal, beberapa pabrik menggunakan kasein, yakni protein utama di dalam susu, untuk membuat lem tahan air, berbagai variasi plastik, dan cat.


Nutrisi Yang Terkandung di Dalam Susu

Tubuh membutuhkan enam jenis nutrien untuk tenaga, pertumbuhan dan memperbaiki jaringan yang rusak. Nutrien-nutrien tersebut adalah: air, karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin. Susu disebut sebagai makanan yang hampir paling sempurna, karena terkenal menjadi sumber dari beberapa nutrisi tersebut . Tetapi susu bukanlah makanan yang sempurna karena kurang mengandung zat besi dan tidak mengandung semua vitamin.


Air adalah nutrien paling penting. Tubuh membutuhkan air untuk mengangkut semua proses kehidupan. Susu sapi terdiri dari 87 persen air.


Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Karbohidrat yang terkandung di dalam susu adalah laktosa atau gula susu. Selain menjadi sumber tenaga, laktosa juga membantu tubuh menyerap mineral kalsium dan pospor di dalam susu. Tulang dan gigi kita terdiri dari kedua mineral ini dalam jumlah yang besar. Laktosa juga memberi rasa manis pada susu.


Lemak seperti halnya karbohidrat menghasilkan energi. Lemak juga memberi asam lemak tertentu yang sangat diperlukan oleh tubuh. Lemak membuat susu kaya akan rasa. Lemak susu juga mengandung vitamin A, D, E dan K dan beberapa zat-zat lainnya. Salah satu zat tersebut ialah karoten yang memberi warna keemasan pada susu. Lemak susu tampak seperti percikan-percikan yang kecil. Setetes susu mengandung kurang lebih 100 juta percikan-percikan lemak.

Protein membantu tubuh untuk tumbuh dan memperbaiki diri sendiri. Selain itu protein juga memberi energi. Protein yang terkandung di dalam susu adalah protein yang komplet, yang mengandung semua asam amino yang dibutuhkan untuk pembuatan sel-sel darah dan jaringan. Hanya protein telur dan protein dalam beberapa daging yang memiliki nilai makanan lebih tinggi dibanding protein susu. Kasein memenuhi kurang lebih 4/5 dari protein yang terkandung di dalam susu. Ini hanya dapat ditemukan pada susu.

Mineral seperti halnya protein membantu tubuh untuk tumbuh dan memelihara kesehatan. Kalsium dan pospor adalah mineral terpenting yang terkandung di dalam susu. Kenyataannya susu merupakan makanan utama sumber kalsium. Mineral lainnya yang terkandung di dalam susu adalah potasium, sodium, sulfur, dan mengandung aluminium, tembaga, iodine, besi, mangan, seng dalam jumlah lebih sedikit
.

Vitamin sangat penting untuk pertumbuhan, memelihara jaringan dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit tertentu seperti beri-beri, dan rakitis. Susu menyediakan banyak vitamin dan dalam jumlah yang besar dibandingkan makanan alami lainnya. Susu menjadi sumber istimewa vitamin A dan B-2 dan sumber vitamin B-1 yang baik. Vitamin lainnya yang terkandung di dalam susu ialah vitamin B-6, B-12, C, E, K, dan niasin. Susu juga mengandung vitamin D, tetapi dalam jumlah yang kecil. Beberapa produsen menambahkan ekstra vitamin D ke dalam susu.


Baik ASI (air susu ibu) maupun susu binatang mengandung nutrisi yang sama, tetapi dalam jumlah yang berbeda. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kerbau mengandung lemak 3 kali lebih banyak dan protein 1,5 kali lebih banyak, tetapi hanya mengandung 3/4 gula. ASI mengandung protein dan mineral lebih sedikit dibandingkan susu sapi, tetapi mengandung1,5 kali lebih banyak gula.


Mengkonsumsi Susu

Susu adalah bagian yang sangat penting dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Susu menjadi makanan pertama bagi bayi yang baru lahir, baik dengan disusui atau menggunakan botol. Karena kandungan nutrisinya yang banyak, susu membantu perkembangan badan. Anak yang diberi susu tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan anak yang diberi makanan yang sama tetapi tanpa minum susu. Susu juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi manusia, yang mungkin tidak terkandung dalam makanan mereka


Para dokter dan ahli gizi tidak memiliki kesepakatan tentang berapa jumlah susu yang harus diminum seseorang. Secara umum mereka merekomendasikan bahwa anak-anak dan remaja belasan tahun untuk meminum sedikitnya 3 gelas (240 ml) susu sehari. Orang dewasa sedikitnya minum segelas susu perhari. Ibu hamil dan menyusui harus minum tiga atau empat gelas susu perhari. Beberapa orang tidak dapat mengkonsumsi susu sesuai jumlah yang disarankan. Sebagai contoh, beberapa orang dewasa hanya dapat mencerna susu dalam jumlah yang kecil karena tubuh mereka memiliki kadar laktosa yang rendah, yakni zat kimia yang dapat memecah gula susu. Beberapa anak alergi terhadap susu. Para dokter menyarankan kepada para pasiennya yang memiliki kolesterol tinggi dalam aliran darahnya, untuk tidak minum susu lengkap, karena kandungan kolesterolnya. Kolesterol adalah zat lemak yang terkandung di dalam semua jaringan binatang. Kolesterol tinggi di dalam darah dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh nadi, yakni penyakit pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Susu skim mengandung sedikit kolesterol.



0 comments: